Tuesday, January 30, 2018

Jenis-jenis dan Struktur Berita

Dalam menulis berita, seorang wartawan mengacu kepada nilai-nilai berita untuk kemudian dipadukan dengan unsur-unsur berita sebagai "rumus umum" penulisan berita, agar tercipta sebuah berita yang lengkap, Romli (2006). Unsur-unsur berita tersebut dikenal dengan 5W+1H, yaitu sebagai berikut:
What = Apa yang terjadi
Where = Dimana hal itu terjadi
When = Kapan peristiwa itu terjadi
Who = Siapa yang terlibat dalam kejadian tersebut
Why = Kenapa hal itu terjadi
How = Bagaimana peristiwa itu terjadi

Contoh:
Anggota Balai Jurnalistik ICMI Jabar (BATIC) (Who) melakukan kunjungan jurnalistik (What) ke Penerbit Rosda di Jl Ibu Inggit Ganarsih, Bandung (Where), Sabtu (24/05) (When). Kunjungan dimaksudkan untuk memahami proses kerja di sebuah penerbitan (Why). Para peserta dengan antusias mengikuti penjelasan yang diberikan pihak Rosda (How).



Baca juga Menulis Berita dan Teknik Reportase

Jenis-jenis danStruktur Berita
Dalam bukunya, Romli menjelaskan jenis-jenis berita yang dikenal di dunia jurnalistik, antara lain:
1. Straight News adalah berita langsung, apa adanya, ditulis secara singkat dan lugas. 
2. Depth News adalah berita mendalam yang dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan.
3. Investigation News adalah berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber.
4. Interpretative News adalah berita yang dikembangkan dengan pendapat atau penilaian wartawan berdasarkan fakta yang ditemukan.
5. Opinion News adalah berita mengenai pendapat seseorang, biasanya pendapat para cendekiawan, sarjana, ahli, atau pejabat mengenai suatu hal, peristiwa dsb.

Baca juga Jurnalistik: Cara Meliput dan Menulis Artikel

Lebih lanjut lagi Romli menjelaskan bahwa struktur berita khususnya berita langsung (Stright News) umumnya mengacu pada struktur piramida terbalik, yaitu memulai penulisan berita dimulai dengan mengemukakan fakta/data yang dianggap paling penting, kemudian diikuti bagian-bagian yang dianggap penting, kurang penting dst. Struktur berita selengkapnya menurut Romli, yakni (1) Judul (head); (2) Dateline (tempat dan waktu berita); (3) Teras berita (lead); (4) Isi berita (body).

Demikian jenis-jenis berita dan struktur berita, di dalam sebuah berita yang dikatakan layak atau dapat dimuat di media massa adalah berita yang memenuhi unsur 5W+1H. Penggunaan penulisan berita dengan sistem atau teknik Piramida Terbalik merupakan hukum mutlak dalam jurnalistik, hal tersebut memberi efisiensi kepada pembaca.







Referensi


Romli, Asep Syamsul. 2006 (cetakan ke-tujuh). Jurnalistik Praktis untuk Pemula: edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

No comments:

Post a Comment

Ordinary

7 Cara untuk Ibu Hindari Stunting: Penderita Stunting Indonesia 35,6% Melebihi Batas Maksimal

Hati-hati pada stunting terutama pasangan muda! Beberapa hal yang sederhana namun sangat penting dan berpengaruh acapkali diabaik...