Skip to main content

9 Pilar Pendidikan Karakter

Sudah tidak asing lagi semua khalayak mengetahuinya, pendidikan karakter merupakan upaya yang dilakukan untuk membantu perkembangan anak. Pendidikan Karakter kerap digembar-gemborkan hampir ke seluruh lapisan untuk mengaplikasikan nilai-nilai kehidupan sebagaimana mestinya. 



Senada dengan itu Mulyasa (2014) mengungkapkan bahwa pendidikan karakter memiliki makna yang lebih tinggi dari pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya berkaitan dengan masalah benar-salah, tapi bagaimana menanamkan kebiasaan (habit) tentang hal-hal baik dalam kehidupan sehingga anak memiliki kesadaran, dan pemahaman yang tinggi, serta kepedulian dan komitmen untuk menerapkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari.
Ada 9 Pilar karakter yang dapat dijadikan sebagai landasan untuk mengaplikasikan pendidikan karakter, menurut Mulyasa sebagai berikut:

1. Cinta Allah dan kebenaran

2. Tanggungjawab, disiplin dan mandiri

3. Amanah

4. Hormat dan santun

5. Kasih sayang, peduli dan kerjasama

6. Percaya diri, kreatif dan pantang menyerah

7. Adil dan berjiwa kepemimpinan

8. Baik dan rendah hati

9. Toleran dan cinta damai





Referensi
Mulyasa. (2014). Manajemen pendidikan karakter, cetakan ke-4. Jakarta: Bumi Aksara

Referensi Gambar
https://www.kajianpustaka.com/2017/12/nilai-tujuan-fungsi-dan-prinsip.html


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Mini Paper

Mini Paper struktur penulisannya persis seperti Makalah, hanya saja Mini Paper memiliki ketebalan halaman yang lebih sedikit daripada Makalah. Berikut ini merupakan contoh Mini Paper, silahkan untuk dibaca dan dipelajari. Hindari "Copy Paste" karena itu akan mengakibatkan kemiskinan intelektual dan pembodohan terhadap diri sendiri.
MODEL PEER TEACHING DALAM PENGEMBANGAN  PENDIDIKAN SENI TARI
MINI PAPER diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Seni Tari Dosen: Rosarina Giyartini, M.Pd.



Disusun Oleh Annisa Anita Dewi                1205341
Interes Inggris Semester 6

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS TASIKMALAYA
                                                                   2015  





BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Sehubungan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah pendidikan seni tari, maka disusunlah Mini paper ini. Mini paper ini mengadaptasikan model pembelajaran peer teaching dalam pengembangan pendidikan seni tari. Irma Damajanti (Dalam Psikologi Seni, 2013 hal 13)…

Get Success! Assesment Online LPDP (1)

Bagi sebagian besar orang yang notabenenya peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi LPDP, salah satunya mungkin anda. Kali ini seleksi beasiswa LPDP tidak hanya terdiri dari dua tahap seperti biasanya, yaitu seleksi tahap administrasi dan seleksi tahap substansi. Pada tahun 2017 selain terjadi perubahan jadwal dan kesempatan untuk mendaftar dan acapkali seleksi LPDP sekarang semakin ketat, saat ini untuk pertama kalinya sebelum mengikuti seleksi tahap substansi peserta yang berkesempatan lulus seleksi tahap administrasi akan mengikuti seleksi assesment online terlebih dahulu sebelum masuk atau lulus ke seleksi tahap substansi.
Jadwal seleksi assesment online LPDP yang semula akan dilaksanakan pada 19-20 April 2017 dilakukan pengunduran jadwal dikarenakan dengan pemilihan Gubernur DKI Jakarta, sekaligus panita memberikan kelonggaran waktu untuk peserta mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi assesment online LPDP.

Selain informasi tentang pengunduran jadwal, diikut…

Get Success! Assesment Online LPDP (2)

Melanjutkan dari Get Succsess! Assesment Online LPDP (1), selanjutnya setelah peserta seleksi assesment online mendapatkan username dan password beserta alamat website untuk melaksanakan serangkaian tes. Ingat! meskipun usernam dan password sudah ditangan sejak H-3 jangan sampai ceroboh melaksanakan seleksi assesment online seblum waktu yang ditentukan meskipun sudah bisa di akses, hal tersebut dapat menyebabkan anda di diskualifikasi.
Selalu teliti dan tidak terburu-buru, baca sampai tuntas dan pahami email yang dikirim oleh panitia LPDP karena itu sangat membantumu. Dalam email yang saya dapatkan dari Teknis LPDP di sana peserta yang berhak mengikuti seleksi assesment online diberikan petunjuk dan arahan mengenai assesment online. 
Rangkaian seleksi assesment online ini dari VMI dan 15FQ+. VMI yaitu Values and Motives Inventory adalah sebuah assesment yang memberikan profil mengenai nilai-nilai dan motivasi yang menentukan seberapa besar energi atau upaya yang dikeluarkan seseorang…