Wednesday, May 30, 2018

7 Sumber Perangai Buruk Penyebab Anak Berperilaku Buruk

Manusia sejatinya terbentuk dari dua dimensi yang terdiri dari jasmani dan rohani atau fisiologi dan psikologi, selanjutnya dikategorikan menjadi dua bagian, yakni manusia atau non-manusia (baca: dimensi hewani). Dimensi hewani inilah yang menjadi celah atau faktor yang timbul dalam diri manusia yang bersifat negatif, hal terbut bisa dimanifestasikan dengan perangai atau emosi.

Baca juga Hindari Radikalisme melalui Andil Ayah dan Ibu dalam Mendidik Anak


Setiap individu memiliki pola kehidupan atau kebiasaan, sangat sulit untuk merubah kebiasaan. Jika pun dapat merubah kebiasaan, maka memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk merubah kebiasaan tersebut.  Begitu halnya dengan orang tua maupun orang dewasa yang kerap geram dengan perilaku atau kebiasaan anak. Tentu saja semua anak pada dasarnya memiliki dasar yang baik, hanya saja ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak berperangai buruk, karena itu penting bagi orang tua maupun orang dewsa mengetahui faktor penyebab anak berperangai buruk.

Ibrahim, seorang ulama dan ahli pendidikan anak (dalam Chatib) mengungkapkan 7 Sumber Perangai Buruk, sebagai berikut :

1. Melupakan Tuhan
Hal yang tak asing ketika manusia ditimpa kesulitan ia akan kembali kepada Tuhannya, namun ketika kesulitan itu sirna maka ia lupa dengan Tuhannya.

2. Bangga, Riya, dan Sombong
Bangga atau ujub adalah penyakit hati.




3. Tidak Bersyukur dan Mudah Putus Asa
Ini merupakah salah satu perilaku yang buruk, ketika seseorang memeperoleh yang ia harapkan maka ia gembira. Sebaliknya saat nikmat hilang dan sesuatu itu tidak tercapai orang tersebut berputus asa.

4. Kikir dan Berkeluh Kesah
Kata lain kikir adalah bakhil atau pelit, orang yang terlalu mencintai harta sehingga tidak mau bersedekah atau berbagi.

5. Melampaui Batas
Ini merupakan salah satu hal yang buruk, seseorang yang diberi rizeki oleh Tuhan baik harta, ilmu, kesehatan maupun kesempatan akan berujung pada dua hal: bersyukur atau merasa belum cukup hingga melampaui batas.

6. Tergesa-gesa
Sikap tergesa-gesa merupakan cerminan seseorang yang kurang berpikir dan kurang hati-hati sehingga hilang kemantapan dan dan ketenangan dari kesabarannya. Sikap tergesa-gesa ini mendatangkan keburukan.

7. Suka Membantah
Manusia cenderung memiliki kebiasaan suka membantah pada dasarnya, sifat ini menjadi salah satu penyebab perangai buruk.

7 Sumber Perangai Buruk Penyebab Anak Berperilaku Buruk ini menjadi landasan untuk orang tua melakukan pencegahan dalam mendidik anak, jikapun anak memiliki salah satu perangai buruk tersebut maka orang tua selaku orang dewasa segera memperbaikinya, karena sifat buruk yang dimunculkan oleh anak bisa jadi berasal dari 7 faktor penyebab dominan di atas.





Referensi

Chatib, Munif. 2012. Orang Tuanya Manusia: melejitkan potensi dan kecerdasan dengan menghargai fitrah seorang anak. Bandung: Kaifa

Sumber Gambar
https://www.suarabekasi.id/agar-anak-tidak-berperilaku-buruk/

No comments:

Post a Comment

Ordinary

7 Cara untuk Ibu Hindari Stunting: Penderita Stunting Indonesia 35,6% Melebihi Batas Maksimal

Hati-hati pada stunting terutama pasangan muda! Beberapa hal yang sederhana namun sangat penting dan berpengaruh acapkali diabaik...