Wednesday, April 05, 2017

Student Exchanges: Tang Kuan Hill Lift Station

Foto Annisa Anita Dewi
Sebagai pelajar apalagi yang mengembara di negeri orang, tentu banyak hal-hal baru yang ditemui. Setiap perjalanan yang dimulai dari langkah pertama terekam banyak momen, sayangnya tidak semua individu peka dan menyadari bagaimana setiap kejadian yang terekam bahkan menjadi monumental. Hal-hal baru yang akan ditemui adalah (1) Orang-orang yang akan kita temui masing-masing memiliki karakter dan warna masing-masing, jadi anda harus pandai membawa diri; (2) Lingkungan yang baru dengan kebiasaan dan rutinitas yang berbeda dari lingkungan sebelumnya; (3) Kultur yang menuntut anda untuk bisa beradaptasi.

Hal-hal baru yang akan ditemui tidak terkecuali efek hormon yang mempengaruhi, misalnya rasa bosan. Sebagai pelajar untuk bisa survive artinya harus dapat beradaptasi setidaknya secara garis besar meliputi tiga poin tadi, yaitu orang-orang, lingkungan dan kultur.  Tinggal di negeri orang jangan sampai melewatkan waktu berlalu begitu saja. Tidak dipungkiri selain dijejali dengan aktivitas sehari-hari misalnya mengikuti pembelajaran, tugas-tugas ataupun mengajar bagi pengajar. Dari 7 hari dalam satu minggu tentunya ada 1 atau 2 hari yang kosong.
Foto Annisa Anita Dewi
Ketika Student Exchanges di Thailand saya memiliki waktu senggang pada hari sabtu. Kala itu bertepatan dengan Independen Day Republik Indonesia, saya memutuskan untuk ke Konsulat RI di Songkhla. Dengan waktu dua hari yang dimiliki saya memanfaatkan waktu yang singkat tersebut untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di dekat Konsulat RI. Cukup di tempuh dengan berjalan kaki dari Konsulat RI selama 10 menit saya tiba di Tang Kuan Hill Lift Station.
Foto Annisa Anita Dewi


Di sekitar Tang Kuan Hill Lift Station banyak sekali kera yang berkeliaran, karena itu jika anda berkesempatan mengunjungi tempat ini untuk lebih berhati-hati terutama makanan yang anda bawa. Nama ‘Lift Station’ di belakang Tang Kuan Hill menunjukkan hal yang paling menonjol di tempat ini, karena untuk sampai ke atas Bukit kita harus menggunakan sebuah lift yang curam kurang lebih 100 m ini adalah lift terpanjang yang pernah saya coba. Untuk menggunakan lift ini dikenakan TB 30 atau setara dengan IDR 12.000 pada 2015 lalu, harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Sesampainya di atas tampak pemandangan yang memanjakan mata. District Songkhla terlihat dengan jelas dari Tang Kuan Hill Top beserta pemandangan pantai. Selain pemandangan di sini kita akan menemui beberapa patung Budha dan Lonceng kira-kira berukuran 1 m. Selain itu, yang menarik pengunjung adalah ‘Love Locks Tang Kuan Hill Top’  di sana disediakan beberapa bingkai berbentuk jantung hati yang terbuat dari besi berukuran besar dan tempat yang badannya terpasang lonceng beserta gembok berbentuk jantung hati.
Foto http://scdhaseinphoto.blogspot.co.id/
Di sekitar Tang Kuan Hill Lift Station ada gerai-gerai yang menjual aneka souvenir, umumnya berupa hasil kerajinan seperti anyaman tas, tirai, pernak-pernik hiasan rumah dan postcard. Di depan Tang Kuan Hill Lift Station terdapat beberapa penjual jajanan, yang paling menarik dari semua jajanan adalan es krim yang wadahnya terbuat dari batok kelapa.  

Untuk pelajar ataupun bagi anda yang mengembara di negeri orang atau sederhananya di kota orang, jangan sampai menghabiskan waktu luang dengan hal-hal yang kurang bermanfaat atau menjenuhkan. Seperti tidur dan seharian menonton televisi, gunakan waktu luang anda seoptimal mungkin untuk mengunjungi atau sekedar jalan-jalan di tempat pengembaraan anda untuk me-recharge semangat, energi dan mengembalikan moody.



No comments:

Post a Comment

Ordinary

7 Cara untuk Ibu Hindari Stunting: Penderita Stunting Indonesia 35,6% Melebihi Batas Maksimal

Hati-hati pada stunting terutama pasangan muda! Beberapa hal yang sederhana namun sangat penting dan berpengaruh acapkali diabaik...