Tuesday, August 28, 2018

Tips Merawat Bayi Baru Lahir dan Mengobati Pipi Lecet pada Bayi


Perawatan bayi pada zaman sekarang sangat berbeda dengan terdahulu yang masih tergolong konvensional. Saat ini banyak sekali ibu muda yang mengeluhkan kesehatan dan perawatan bagi bayi baru lahir. Perasaan khawatir seringkali muncul ketika bayi menangis tidak seperti biasanya.
Bermula dari pengalaman saya saat bayi saya yang baru berusia 3 minggu pipinya lecet dan berwarna kemerahan seperti luka bakar. Saat itu saya sangat panik dan berkonsultasi dengan para orang tua. Usut punya usut pipi bayi yang lecet dan kemerahan seperti luka bakar tersebut disebabkan oleh ASI (air susu ibu) saat menyusui.

Para orang tua menyarankan untuk memakai boorwater dan bedak salicyl sampai diberi minyak keletik, namun setelah sharing dengan para ibu muda yang mengalami masalah yang sama terhadap bayinya menyarankan untuk diberi minyak keletik karena lebih ampuh, bebas bahan kimia atau zat yang membahayakan karena minyak keletik dibuat secara alami dan manual.

Sedangkan saat konsultasi ke ahli medis seperti dokter dan bidan menyarankan untuk membasuh muka bayi terutama sekitar pipi dengan air hangat lalu dikeringkan dengan lap atau kapan yang lembut. Ahli medis sangat tidak menyarankan penggunaan bedak bayi pada bayi baru lahir disebabkan zat yang terkandung dan kondisi bayi yang masih sangat sensitif.

Pada akhirnya saya menggunakan minyak keletik yang dioleskan pada pipi atau bagian yang lecet secara rutin setelah mulai mengering lecetnya dan yang tersisa kemerahan yang seperti luka bakar saya mengolesi krim Pi Kang Suang dari resep dokter secara rutin. Tidak berselang lama dalam waktu satu minggu luka lecet dan kemerahan seperti luka bakar pada bayi saya berangsur-angsur hilang dan sembuh.

Perlu diperhatikan lecet pada pipi bayi selain diakibatkan oleh ASI juga diperparah dengan gesekan tangan si kecil yang memainkan tangannya di sekitar wajah. Maka dari itu sangat perlu diperhatikan aktivitas bayi yang seringkali menggesek atau menggaruk tangannya ke sekitar wajah.





Referensi Gambar
https://www.aryanto.id/artikel/id/478/tips-cara-merawat-bayi-baru-lahir-sendiri-agar-tetap-sehat

No comments:

Post a Comment

Ordinary

7 Cara untuk Ibu Hindari Stunting: Penderita Stunting Indonesia 35,6% Melebihi Batas Maksimal

Hati-hati pada stunting terutama pasangan muda! Beberapa hal yang sederhana namun sangat penting dan berpengaruh acapkali diabaik...