Skip to main content

Pengertian, Fungsi, Strategi Pelaksanaan Pendidikan dan Produk yang Dihasilkan



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pendidikan adalah proses pengubahan sikap, dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara dan perbuatan mendidik.

Dalam UU RI Nomor 2 Tahun 1989 Bab 1 Pasal 1 menjelaskan bahwa,"Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang".

Dari rumusan nasional mengenai istilah pendidikan tersebut, Hamalik menggaris bawahi 4 hal dari rumusan tersebut dan menjelaskan lebih lanjut sebagai berikut :

1. Dengan "usaha sadar" dimaksudkan bahwa pendidikan diselenggarakan berdasarkan rencana yang matang, mantap, jelas, lengkap, menyeluruh, berdasarkan pemikiran rasional-objektif. Pendidikan tidak diselenggarakan secara sengaja atau seenaknya.

2. Fungsi pendidikan adalah menyiapkan peserta didik. "menyiapkan" diartikan bahwa peserta didik pada hakikatnya belum siap, tetapi perlu disiapkan dan sedang menyiapkan dirinya sendiri. Hal ini menunjukkan pada proses yang berlangsung sebelum peserta didik itu siap terjun ke kancah kehidupan yang nyata.

3. Strategi pelaksanaan pendidikan dilakukan dalam bentuk kegiatan bimbingan, pengajaran, dan /atau latihan. Bimbingan pada hakikatnya adalah pemberian bantuan, arahan, motivasi, nasihat dan penyuluhan agar siswa mampu mengatasi, memecahkan masalah, menanggulangi kesulitan sendiri. Pengajaran adalah bentuk kegiatan dimana terjalin hubungan interaksi dalam proses belajar dan mengajar antara tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mengembangkan perilaku sesuai tujuan pendidikan.

4. Produk yang dihasilkan oleh proses pendidikan adalah berupa lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan peranan-peranannya untuk masa yang akan datang. Peranan bertalian dengan jabatan dan pekerjaan tertentu dan bertalian dengan kegiatan pembangunan di masyarakat.

Dengan demikian Hamalik menyimpulkan bahwa Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka memengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya, dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara adekwat dalam kehidupan masyarakat.









Referensi
Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran: Cetakan keenam belas. Jakarta: Bumi Aksara
Sumber Gambar
https://www.gulalives.co/perbedaan-pendidikan-dulu-dan-sekarang/

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Mini Paper

Mini Paper struktur penulisannya persis seperti Makalah, hanya saja Mini Paper memiliki ketebalan halaman yang lebih sedikit daripada Makalah. Berikut ini merupakan contoh Mini Paper, silahkan untuk dibaca dan dipelajari. Hindari "Copy Paste" karena itu akan mengakibatkan kemiskinan intelektual dan pembodohan terhadap diri sendiri.
MODEL PEER TEACHING DALAM PENGEMBANGAN  PENDIDIKAN SENI TARI
MINI PAPER diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Seni Tari Dosen: Rosarina Giyartini, M.Pd.



Disusun Oleh Annisa Anita Dewi                1205341
Interes Inggris Semester 6

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS TASIKMALAYA
                                                                   2015  





BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Sehubungan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah pendidikan seni tari, maka disusunlah Mini paper ini. Mini paper ini mengadaptasikan model pembelajaran peer teaching dalam pengembangan pendidikan seni tari. Irma Damajanti (Dalam Psikologi Seni, 2013 hal 13)…

Get Success! Assesment Online LPDP (1)

Bagi sebagian besar orang yang notabenenya peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi LPDP, salah satunya mungkin anda. Kali ini seleksi beasiswa LPDP tidak hanya terdiri dari dua tahap seperti biasanya, yaitu seleksi tahap administrasi dan seleksi tahap substansi. Pada tahun 2017 selain terjadi perubahan jadwal dan kesempatan untuk mendaftar dan acapkali seleksi LPDP sekarang semakin ketat, saat ini untuk pertama kalinya sebelum mengikuti seleksi tahap substansi peserta yang berkesempatan lulus seleksi tahap administrasi akan mengikuti seleksi assesment online terlebih dahulu sebelum masuk atau lulus ke seleksi tahap substansi.
Jadwal seleksi assesment online LPDP yang semula akan dilaksanakan pada 19-20 April 2017 dilakukan pengunduran jadwal dikarenakan dengan pemilihan Gubernur DKI Jakarta, sekaligus panita memberikan kelonggaran waktu untuk peserta mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi assesment online LPDP.

Selain informasi tentang pengunduran jadwal, diikut…

Get Success! Assesment Online LPDP (2)

Melanjutkan dari Get Succsess! Assesment Online LPDP (1), selanjutnya setelah peserta seleksi assesment online mendapatkan username dan password beserta alamat website untuk melaksanakan serangkaian tes. Ingat! meskipun usernam dan password sudah ditangan sejak H-3 jangan sampai ceroboh melaksanakan seleksi assesment online seblum waktu yang ditentukan meskipun sudah bisa di akses, hal tersebut dapat menyebabkan anda di diskualifikasi.
Selalu teliti dan tidak terburu-buru, baca sampai tuntas dan pahami email yang dikirim oleh panitia LPDP karena itu sangat membantumu. Dalam email yang saya dapatkan dari Teknis LPDP di sana peserta yang berhak mengikuti seleksi assesment online diberikan petunjuk dan arahan mengenai assesment online. 
Rangkaian seleksi assesment online ini dari VMI dan 15FQ+. VMI yaitu Values and Motives Inventory adalah sebuah assesment yang memberikan profil mengenai nilai-nilai dan motivasi yang menentukan seberapa besar energi atau upaya yang dikeluarkan seseorang…